info@sorongkab.go.id +62 078 9101 1714
December 21, 2019 - BY Admin

Musrenbang Otsus Dan Rencana Anggaran Program (RAP) Tahun 2025.

Bertempat di Kantor Distrik Makbon,Baperlitbang Kab.Sorong Gelar Musrenbang Otsus Dan Musrenbang Rencana dan Anggaran Program (RAP).Klaster Distrik Makbon, Distrik Klasou, Distrik Saengkeduk, Distrik Mega, Distrik Selemkay). Makbon 29/02/2024.
Sekretaris Baperlitbang Elisa M.H. Ulimpa, S.Sos., M.Si.
Menyampaikan Musyawarah otsus yang pertama kali ketika terjadi perubahan regulasi, dan kitaharus membicarakan ini bersama-sama berdasarkan peraturan undang-undang, dalam rangka perencanaan pembangunan menurut peraturan Undang-Undang 25 Tahun 2004, Undang-Undang Presiden 86 Tahun 2017 tentang sistem perencanaan dan evaluasi sehingga otsus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari semuanya.
Maka kita perlu merencanakan pembangunan di tingkat distrik, tingkat kampung dalam rangka otsus di tahun 2025,musyarawah perencanaan pembangunan otonomi khusus di dukung dengan infastruktur dan pelayanan-pelayanan dasar yang sudah di buat seperti bidang kesehatan, pendidikan, perekonomian di tambah dengan bagaimana wilayah kita ini aman. di sini ada Danramil, Kapolsek mereka juga jadi bagian yang tak terpisahkan di dalam rangka Otsus.
Kami fokus di hari ini untuk otsus dan berharap para pimpinan OPD, Distrik, saling berkolaborasi dan dapat di cermati oleh kami sebagai lining sektor Baperlitbang bisa menyinkronkan apa yang menjadi usulan dasar kebutuhan di wilayah distrik dan kita akan bicarakan di acara musrenbang tingkat kabupaten.
Kepala kampung harus mempunyai tanggung jawab yang sama untuk menjadi inisiator pembangunan di wilayahnya sampai dengan kami yang ada di kabupaten, di bedakan lagi antara dana kampung dan dana otsus sehingga tidak terjadi tumpang tindi. Sehingga itu juga menjadi pengetahuan kepala kampung, petugas kesehatan, petugas pendidikan di tingkat distrik.
Musrenbang tingkat distrik hari ini untuk melihat lebih jauh dalam proses perencanaan pengusulan prioritas program kegiatan, guna menjawab kebutuhan, persoalan, hambatan tantangan dan melihat potensi di masing-masing distrik.
Ada 4 tematik besar di dalam rangka otsus jilid 2 yaitu :
1. Sorong Sehat
2. Sorong Cerdas
3. Sorong Produktif
4. Sorong Aman
(Icad)