info@sorongkab.go.id +62 078 9101 1714
December 21, 2019 - BY Admin

kegiatan Sosialisasi Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) dan Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) tahun 2024.

Bertempat di Gedung Aimas Convention Center, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) dan Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) tahun 2024.
ADIK dan ADEM merupakan program beasiswa beasiswa yang diberikan kepada peserta didik yang tinggal dan berasal diwilayah Papua untuk melanjutkan pendidikan menengah (ADEM) dan pendidikan tinggi(ADIK).
Dimana program ADIK dan ADEM ini yang menjadi sasarannya adalah orang asli Papua, yang mana merupakan program pendidikan guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia diwilayah Papua.
Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Papua Barat Daya Dr.George Yarangga A.Pi.,MM dalam sambutannya menyampaikan Beasiswa Afirmasi ADIK merupakan salah satu intervensi dibidang pendidikan yang bersifat afirmasi dalam bentuk bantuan pemerintah untuk memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa karena kondisi dan beberapa hal lainnya mengalami kesulitan dalam akses menjangkau pendidikan tinggi.
Lanjut beliau, Adik dan adem merupakan salah satu point pemerintah melalui kementerian pendidikan khususnya bagi anak-anak Papua terbaik yang berada di daerah 3T( Terdepan, terluar dan tertinggal).
Beliau juga memberikan apresiasi kepada Kemendikbud yang tahun ini kembali memberikan kesempatan kepada anak-anak kami untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui program ADIK dan ADEM tahun 2024.
Kami berharap kiranya ini dapat menjadi angin segar buat anak-anak kita terutama OAP, agar anak-anak kita tidak lagi tertinggal yang terutama berada di daerah 3T.
Dipapua Barat Daya pada tahun 2023 terdata ada 83 Siswa yang melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah menengah atas melalui jalur Afirmasi ADEM. Sedangkan 224 siswa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri melalui jalur Afirmasi ADIK.
Sementara itu ada 702 mahasiswa program ADIK peralihan dari Provinsi induk Papua Barat, dan semoga ditahun 2024 ini ada kebijakan khusus dari pusat untuk Provinsi Papua Barat Daya dan Papua Barat dalam menambah kuota lebih banyak lagi dari tahun-tahun sebelumnya.
Ketua tim pokja afirmasi pendidikan dan kebudayaan, kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi, Bapak Aji Kusumanto S.E.,M.SE
menyampaikan Kedatangan kami untuk mensosialisasikan program afirmasi.
Dari data kami ada 239 anak ADEM yang berasal dari Papua Barat Daya, dan ada 181 anak ADEM dari Papua Barat.
Perlu diketahui bahwa Program afirmasi ini sudah berjalan lebih dari 10 Tahun, baik pendidikan tinggi maupun menengah. Yang mana sasaran dan tujuannya adalah memperluas akses pelayanan pendidikan menengah maupun pendidikan tinggi untuk mensuport anak-anak ini kembali ke daerah nya, agar menjadi daerah yang lebih baik.
Kegiatan Hari ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan, dimana kegiatan ini salah satunya sosialisasi pendidikan afirmasi Menengah dan pendidikan afirmasi tinggi.
Dimana salah satu sasarannya adalah OAP, yang salah satunya adalah Papua Barat dan Papua Barat Daya.
Disamping itu Kepala Bidang GTK, Dinas Pendidikan Prov Papua Barat, Ibu Suyanti Kamat S.sos.,M.Si
berharap agar anak-anak yang mau sekolah ini adalah anak-anak yang betul mempunyai potensi, dan betul-betul mempunyai niat sekolah.
Kepada kabupaten dan kota agar benar-benar menyiapkan anak-anak yang tidak hanya pintar dalam akademik, tetapi juga mempunyai karakter yang baik.
Kami dari provinsi akan datang dan melihat sosialisasi dari kabupaten/kota terkait Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) dan Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) tahun 2024.
Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat Daya dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat (BY)