info@sorongkab.go.id +62 078 9101 1714
December 21, 2019 - BY Admin

Pembukaan Pelayanan Administrasi Kependudukan Kabupaten Sorong oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri

Sambutan PJ Bupati Sorong Ir. Edison Siagian,M.E Menyampaikan Kegiatan hari ini yaitu Jemput bola pelayanan Administrasi Kependudukan Kabupaten Sorong dilakukan dalam rangka kunjungan Dirjen Dukcapil Kemendagri.
Kedatangan Dirjen Dukcapil juga dalam rangka memberikan bantuan dan juga dorongan terkait kualitas pelayanan administrasi penduduk di Kabupaten Sorong.
Pelayanan jemput bola ini juga sebagai sarana sosialisasi terkait dukcapil Kabupaten Sorong. Selanjutnya pada Event tertentu kegiatan semacamnya juga akan terus dilakukan.
Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Dr. Teguh Setiyabudi M.Pd Juga Menambahkan Bahwa
Negara hadir untuk memberikan perlindungan hukum bagi warganya, salah satu wujudnya adalah dengan memberikan dokumen kependudukan. Pemerintah Indonesia menyediakan mulai dari akta lahir, akta nikah, akta kematian dll.
Pelayanan administrasi kependudukan harus dilakukan dengan cepat, mudah, tanpa diskriminasi, dan tanpa biaya. jika ada penyalahgunaan agar dilaporkan kepada kami atau bisa melalui Ombudsman. Jika Ada oknum yang menyalahgunakan maka akan ditindak tegas.
Warga agar aktif dan melaporkan jika ada perubahan terkait data kependudukan. Baik itu ada kematian maupun kelahiran, hal ini untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak tidak bertanggung jawab seperti penipuan dll.
Sorong merupakan daerah yang besar dan memiliki jumlah penduduk besar sehingga merupakan satu prioritas bagi pemerintah untuk berikan dorongan bantuan dan kemudahan.
Dalam waktu dekat akan ada Pilkada, mari sukseskan pilkada dengan mengurus data kependudukan. Jika ada Anak muda hampir masuk umur 17 tahun dan belum ada ktp maka segera urus. Hal ini untuk menjaga hak pemilih pemula tersebut sehingga nanti bisa mencoblos saat pilkada.
Dirjen Dukcapil juga akan melakukan Rapat koordinasi bersama Dukcapil Prov. Papua Barat Daya agar semakin baik dalam memberikan perhatian dan pelayanan administrasi kependudukan di wilayah Provinsi Papua Barat Daya dan Juga Penyerahan secara simbolis pengurusan KTP dan 8000 ( delapan ribu ) blangko E KTP untuk Dukcapil Kabupaten Sorong.(Rs)